Perhatian! Puncak Arus Mudik di Pelabuhan Ciwandan Terjadi Mulai Malam Ini

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Bambang Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, CILEGON – Puncak arus mudik Lebaran 2024 di Pelabuhan Ciwandan, Banten, diprediksi terjadi pada H-4 dan H-5 Idul Fitri 2024 atau 6-7 April 2024. 

Diketahui, Pelabuhan Ciwandan merupakan Pelabuhan khusus yang melayani pemudik yang menggunakan kendaraan bermotor roda dua.

Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia atau Pelindo, Arif Suhartono mengungkapkan, tren peningkatan jumlah pemudik motor sebenarnya telah terjadi sejak kemarin (5/4/2024).

Meski demikian, Pelindo dan PT ASDP Indonesia Ferry selaku penyelenggara jasa angkutan penyeberangan, dapat mengantisipasi antrean yang terjadi di Pelabuhan Ciwandan.

Baca juga: Waspada Exit Gerbang Tol Bawen Macet Horor! Imbas One Way Kalikangkung-Bawen Diberlakukan

“Kelihatannya (puncaknya) malam ini sampai besok. Tapi kemarin juga sudah cukup padat seperti yang kita ketahui,” ungkap Arif di Pelabuhan Ciwandan, Banten, Sabtu (6/4/2024).

“Sebenarnya belum diprediksi adanya lonjakan, tapi so far masih bisa di-handle dan diharapkan malam ini bisa lebih bagus karena truk-truk segera kita habiskan (operasionalnya),” sambungnya.

Demi kelancaran kegiatan mudik Lebaran, Arif meminta seluruh pihak, baik stakeholder maupun masyarakat untuk dapat bersinergi mendukung kelancaran arus mudik.

Selain itu, Arif mendorong agar truk bermuatan besar untuk sementara tidak melakukan kegiatan penyeberangan di Pelabuhan Ciwandan. Terkecuali, truk yang mengangkut muatan logistik seperti sembako.

“Pada kesempatan ini kita minta dukungan masyarakat juga, tanpa dukungan bersama nanti tidak akan bisa lancar,” ungkap Arif.

“Tanpa dukungan bersama, nanti tidak akan bisa lancar. Kita harapkan untuk truk-truk, seperti imbauan pemerintah untuk 3 sumbu itu sudah berhenti, karena untuk kelancaran juga. Kelancaran tidak hanya kewajiban dari pemerintah tapi juga dukungan dari masyarakat juga untuk memastikan arus ini lebih bagus,” pungkasnya.

Baca juga: Kendaraan Menumpuk di Rest Area KM 86 Tol Cipali, Petugas Sampai Gunakan Pengeras Suara

Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia atau Pelindo, Arif Suhartono (Tribunnews.com/Bambang Ismoyo)



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *