Cara Mengecek Nomor BPJS Ketenagakerjaan

Apa itu BPJS Ketenagakerjaan?


BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan adalah sebuah lembaga yang bertanggung jawab dalam memberikan perlindungan sosial bagi pekerja dan keluarganya. BPJS Ketenagakerjaan memiliki peran penting dalam menjaga kesejahteraan pekerja Indonesia, dengan memberikan jaminan dalam hal kecelakaan kerja, kematian, cacat, pensiun, dan jaminan hari tua. Pekerja yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan akan mendapatkan manfaat perlindungan yang mencakup fasilitas kesehatan, keuangan, dan sosial.

Sistem jaminan sosial yang dikelola oleh BPJS Ketenagakerjaan mengacu pada Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), yang mengatur tentang hak dan kewajiban peserta BPJS Ketenagakerjaan. Peserta yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan harus membayar iuran setiap bulannya sesuai dengan penghasilan yang diterima.

BPJS Ketenagakerjaan juga memberikan manfaat perlindungan bagi keluarga pekerja yang terdaftar sebagai peserta. Jika terjadi kecelakaan kerja atau kematian yang mengakibatkan cacat atau kehilangan nyawa, keluarga pekerja akan menerima santunan dan manfaat lainnya dari BPJS Ketenagakerjaan.

Untuk memastikan status kepesertaan dan mendapatkan informasi terkait dengan BPJS Ketenagakerjaan, pekerja perlu mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan mereka secara berkala. Cara mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan dapat dilakukan dengan beberapa langkah sederhana, yang akan dijelaskan dalam artikel ini.

Cara Mengecek Nomor BPJS Ketenagakerjaan

Cara Mengecek Nomor BPJS Ketenagakerjaan

Mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan dapat dilakukan dengan beberapa cara mudah dan cepat. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Buka situs resmi BPJS Ketenagakerjaan di www.bpjsketenagakerjaan.go.id.
  2. Situs Resmi BPJS Ketenagakerjaan

  3. Pada halaman utama situs, cari menu atau link yang mengarahkan ke layanan “Cek Kepesertaan”. Biasanya menu ini terletak pada bagian atas atau samping halaman.
  4. Menu Cek Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan

  5. Setelah menemukan menu “Cek Kepesertaan”, klik menu tersebut untuk masuk ke halaman cek kepesertaan.
  6. Halaman Cek Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan

  7. Pada halaman cek kepesertaan, masukkan nomor kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Anda. Nomor kepesertaan ini biasanya berupa 13 digit dan tertera di kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan Anda. Pastikan Anda memasukkan nomor dengan benar.
  8. Nomor Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan

  9. Klik tombol “Cari” atau “Cek” untuk memulai proses pengecekan nomor BPJS Ketenagakerjaan.
  10. Tombol Cek BPJS Ketenagakerjaan

  11. Tunggu sebentar hingga sistem memverifikasi nomor kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Anda.
  12. Setelah proses verifikasi selesai, hasil pengecekan nomor BPJS Ketenagakerjaan akan ditampilkan pada halaman. Anda dapat melihat status kepesertaan, detail personal, dan manfaat yang Anda dapatkan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.
  13. Hasil Cek BPJS Ketenagakerjaan

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan Anda melalui situs resmi BPJS Ketenagakerjaan. Pastikan nomor yang Anda masukkan benar untuk memperoleh informasi yang akurat mengenai kepesertaan Anda. Jika terdapat kesalahan atau masalah dalam pengecekan nomor, disarankan untuk menghubungi BPJS Ketenagakerjaan melalui kontak yang tersedia.

Demikianlah pembahasan tentang cara mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan. Penting untuk selalu memastikan keaktifan kepesertaan Anda dalam BPJS Ketenagakerjaan agar Anda dapat memanfaatkan fasilitas perlindungan yang diberikan dengan baik. Jangan ragu untuk mengunjungi situs resmi BPJS Ketenagakerjaan atau menghubungi mereka secara langsung apabila Anda memiliki pertanyaan atau masalah terkait dengan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

Pentingnya Memiliki Nomor BPJS Ketenagakerjaan

Pentingnya Memiliki Nomor BPJS Ketenagakerjaan

Memiliki nomor BPJS Ketenagakerjaan sangat penting karena dapat memberikan akses terhadap berbagai fasilitas dan perlindungan jaminan sosial.

BPJS Ketenagakerjaan atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan adalah lembaga yang bertanggung jawab dalam memberikan perlindungan sosial kepada tenaga kerja di Indonesia. Untuk mendapatkan akses terhadap berbagai program dan fasilitas yang disediakan oleh BPJS Ketenagakerjaan, seseorang harus memiliki nomor BPJS Ketenagakerjaan terlebih dahulu.

Nomor BPJS Ketenagakerjaan adalah nomor identifikasi yang diberikan kepada setiap peserta BPJS Ketenagakerjaan. Nomor ini bertujuan untuk memudahkan manajemen dan administrasi BPJS Ketenagakerjaan dalam memproses dan melacak berbagai transaksi dan kontribusi yang dilakukan oleh peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Cara Mengecek Nomor BPJS Ketenagakerjaan

Cara Mengecek Nomor BPJS Ketenagakerjaan

Bagi Anda yang ingin mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan, berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti:

1. Menghubungi Call Center BPJS Ketenagakerjaan

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah menghubungi Call Center BPJS Ketenagakerjaan. Anda dapat menghubungi nomor telepon yang disediakan oleh BPJS Ketenagakerjaan dan menanyakan nomor BPJS Ketenagakerjaan Anda.

2. Mengunjungi Kantor BPJS Ketenagakerjaan Terdekat

Jika Anda tidak ingin menghubungi Call Center atau jika ada kesalahan dalam proses pendaftaran, Anda dapat mengunjungi kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat. Anda dapat memberikan data diri Anda kepada petugas di sana dan meminta untuk mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan Anda.

3. Mengecek Melalui Aplikasi BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan juga menyediakan aplikasi yang dapat digunakan oleh peserta untuk melakukan berbagai aktivitas terkait dengan jaminan sosial. Anda dapat mengunduh aplikasi tersebut melalui Google Play Store atau App Store, kemudian masuk menggunakan akun BPJS Ketenagakerjaan Anda. Setelah masuk, Anda dapat mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan Anda melalui menu yang disediakan dalam aplikasi.

4. Mengunjungi Website BPJS Ketenagakerjaan

Anda juga dapat mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan melalui website resmi BPJS Ketenagakerjaan. Cukup kunjungi website tersebut melalui browser di perangkat Anda, lalu masuk dengan menggunakan akun BPJS Ketenagakerjaan Anda. Setelah masuk, Anda dapat mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan Anda pada halaman profil Anda.

5. Melalui Surat Pemberitahuan

BPJS Ketenagakerjaan secara berkala mengirimkan surat pemberitahuan kepada peserta yang berisi informasi mengenai nomor BPJS Ketenagakerjaan. Anda dapat mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan Anda melalui surat pemberitahuan tersebut. Pastikan untuk menyimpan surat pemberitahuan dengan baik agar Anda dapat memeriksa nomor BPJS Ketenagakerjaan kapan saja jika diperlukan.

Dengan mengetahui dan memiliki nomor BPJS Ketenagakerjaan, Anda dapat dengan mudah mengakses berbagai layanan dan fasilitas yang disediakan oleh BPJS Ketenagakerjaan. Pastikan Anda selalu menjaga kerahasiaan dan keamanan nomor BPJS Ketenagakerjaan Anda agar tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Jadi, pastikan Anda memiliki nomor BPJS Ketenagakerjaan dan selalu cek nomor tersebut secara berkala agar Anda dapat memperoleh manfaat dan perlindungan yang sesuai dengan program jaminan sosial ketenagakerjaan di Indonesia.

Cara Mendapatkan Nomor BPJS Ketenagakerjaan


cara mengecek nomor bpjs ketenagakerjaan

Bagi seseorang yang ingin mendapatkan nomor BPJS Ketenagakerjaan, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan dan mengisi formulir pendaftaran. BPJS Ketenagakerjaan merupakan program yang memberikan perlindungan bagi para tenaga kerja yang bekerja secara formal, baik itu di sektor swasta maupun sektor publik.

Untuk mendaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, seseorang dapat mengikuti beberapa langkah berikut:

Langkah 1: Persiapkan Dokumen

persiapkan dokumen

Sebelum mendaftar, pastikan Anda telah menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Beberapa dokumen yang umumnya diminta adalah:

  • Kartu identitas (KTP atau paspor)
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Surat keterangan kerja atau kontrak kerja
  • Surat nikah atau akta kelahiran (jika diperlukan)

Pastikan dokumen-dokumen tersebut telah dicopy dan disiapkan untuk proses pendaftaran.

Langkah 2: Kunjungi Kantor BPJS Ketenagakerjaan

kunjungi kantor bpjs ketenagakerjaan

Setelah mempersiapkan dokumen-dokumen, langkah selanjutnya adalah mengunjungi kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat. Anda dapat mencari informasi mengenai lokasi kantor BPJS Ketenagakerjaan di situs resmi BPJS Ketenagakerjaan atau melalui layanan informasi BPJS Ketenagakerjaan.

Saat mengunjungi kantor BPJS Ketenagakerjaan, pastikan Anda membawa semua dokumen yang telah disiapkan. Nantinya, petugas BPJS Ketenagakerjaan akan memeriksa dan memvalidasi dokumen-dokumen tersebut sebagai persyaratan pendaftaran.

Langkah 3: Mengisi Formulir Pendaftaran

mengisi formulir pendaftaran

Setelah dokumen-dokumen diverifikasi, Anda akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan. Formulir ini berisi data pribadi dan informasi penting seputar pekerjaan Anda, seperti nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan informasi perusahaan tempat Anda bekerja.

Pastikan Anda mengisi formulir pendaftaran dengan benar dan lengkap. Jika ada pertanyaan atau informasi yang tidak Anda pahami, jangan ragu untuk bertanya kepada petugas BPJS Ketenagakerjaan yang bertugas.

Langkah 4: Proses Verifikasi dan Validasi Data

proses verifikasi dan validasi data bpjs ketenagakerjaan

Setelah mengisi formulir pendaftaran, data Anda akan diproses oleh petugas BPJS Ketenagakerjaan. Proses ini meliputi verifikasi dan validasi data yang telah diisi dalam formulir pendaftaran.

Petugas akan membandingkan data yang telah Anda berikan dengan dokumen-dokumen yang Anda serahkan. Jika data tersebut valid dan sesuai dengan persyaratan, Anda akan diberikan nomor BPJS Ketenagakerjaan sebagai bukti kepesertaan Anda dalam program BPJS Ketenagakerjaan.

Langkah 5: Pengecekan Nomor BPJS Ketenagakerjaan

pengecekan nomor bpjs ketenagakerjaan

Setelah mendapatkan nomor BPJS Ketenagakerjaan, Anda dapat melakukan pengecekan nomor tersebut melalui beberapa cara. Salah satunya adalah melalui situs resmi BPJS Ketenagakerjaan atau menggunakan aplikasi mobile BPJS Ketenagakerjaan yang dapat diunduh di smartphone Anda.

Untuk melakukan pengecekan nomor BPJS Ketenagakerjaan, Anda perlu memasukkan data pribadi yang telah terdaftar pada saat pendaftaran. Setelah memasukkan data dengan benar, sistem akan memeriksa dan menampilkan nomor BPJS Ketenagakerjaan Anda.

Begitulah cara mendapatkan nomor BPJS Ketenagakerjaan. Pastikan Anda mendaftar dan memiliki nomor BPJS Ketenagakerjaan untuk memperoleh perlindungan yang diberikan oleh program BPJS Ketenagakerjaan. Jaga baik-baik nomor BPJS Ketenagakerjaan Anda dan gunakan dengan bijak untuk kepentingan kesejahteraan dan perlindungan Anda sebagai tenaga kerja.

Untuk mengetahui nomor BPJS Ketenagakerjaan Anda, Anda dapat mengunjungi cara mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan di sini.

Cara Mengecek Nomor BPJS Ketenagakerjaan


nomo bpjs ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan adalah program jaminan sosial yang memberikan perlindungan kepada para pekerja di Indonesia. Salah satu hal penting yang perlu diketahui oleh setiap peserta BPJS Ketenagakerjaan adalah nomor BPJS mereka. Nomor BPJS ini digunakan untuk mengakses layanan-layanan dari BPJS Ketenagakerjaan, seperti klaim asuransi kesehatan, tunjangan hari tua, dan lain-lain.

Untuk mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan, ada beberapa metode yang dapat dilakukan, yaitu melalui aplikasi mobile BPJSTKU atau menghubungi call center BPJS Ketenagakerjaan.

Melalui Aplikasi Mobile BPJSTKU

aplikasi mobile bpjstku

Salah satu cara paling praktis untuk mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan adalah melalui aplikasi mobile BPJSTKU. Aplikasi ini dapat diunduh dan diinstal di smartphone pengguna melalui Google Play Store atau App Store.

Setelah aplikasi terinstal, pengguna dapat membuka aplikasi dan masuk menggunakan nomor kepesertaan dan kata sandi yang sudah didaftarkan sebelumnya. Setelah berhasil masuk, pengguna dapat menemukan nomor BPJS Ketenagakerjaan mereka dengan mudah di profil pengguna.

Keuntungan menggunakan aplikasi mobile BPJSTKU adalah pengguna dapat mengakses informasi dan layanan BPJS Ketenagakerjaan dengan cepat dan praktis. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur lain, seperti notifikasi pembayaran iuran, informasi klaim, dan lain-lain.

Menghubungi Call Center BPJS Ketenagakerjaan

call center bpjs ketenagakerjaan

Jika Anda tidak memiliki akses ke aplikasi mobile BPJSTKU atau mengalami kendala dalam mengaksesnya, Anda dapat menghubungi call center BPJS Ketenagakerjaan untuk mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan Anda. Call center BPJS Ketenagakerjaan dapat dihubungi melalui nomor telepon 1500910.

Pastikan Anda menyediakan informasi pribadi yang dibutuhkan oleh petugas call center, seperti nomor identitas, nomor kepesertaan, dan data lain yang diminta.

Setelah melakukan verifikasi, petugas call center akan memberikan nomor BPJS Ketenagakerjaan Anda dengan cepat dan membantu Anda dengan pertanyaan atau masalah yang Anda hadapi terkait BPJS Ketenagakerjaan.

Kesimpulan

Mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan sangat penting bagi setiap peserta BPJS agar dapat mengakses layanan-layanan dari BPJS Ketenagakerjaan dengan mudah. Melalui aplikasi mobile BPJSTKU, pengguna dapat mengecek nomor BPJS dengan praktis dan cepat. Jika tidak memiliki akses ke aplikasi mobile, Anda dapat menghubungi call center BPJS Ketenagakerjaan untuk mendapatkan nomor BPJS Anda. Pastikan Anda selalu menjaga dan mengingat nomor BPJS Ketenagakerjaan Anda agar dapat menggunakan layanan-layanan BPJS dengan lancar.

Manfaat Mengetahui Nomor BPJS Ketenagakerjaan

cara mengecek nomor bpjs ketenagakerjaan

Dalam dunia ketenagakerjaan, BPJS Ketenagakerjaan merupakan lembaga yang menyediakan jaminan sosial bagi pekerja atau buruh. Adanya BPJS Ketenagakerjaan memberikan berbagai manfaat dan perlindungan yang sangat penting bagi setiap individu yang terlibat dalam dunia kerja. Salah satu hal yang perlu diketahui adalah nomor BPJS Ketenagakerjaan yang dimiliki oleh setiap peserta.

Nomor BPJS Ketenagakerjaan menjadi identitas atau kartu tanda peserta yang menunjukkan bahwa seseorang telah terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang cara mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan dan manfaatnya bagi individu yang terdaftar sebagai peserta.

Apa Itu BPJS Ketenagakerjaan?

bpjs ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan adalah Badan Penyelenggara Jaminan Social Ketenagakerjaan. BPJS Ketenagakerjaan bertugas menyelenggarakan program jaminan sosial bagi seluruh pekerja atau buruh di Indonesia. Program ini meliputi jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan hari tua, jaminan pensiun, dan jaminan lainnya yang berhubungan dengan ketenagakerjaan.

Untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, setiap pekerja atau buruh di Indonesia wajib mendaftarkan diri dan membayar iuran rutin setiap bulannya. Dengan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, seseorang akan memperoleh berbagai manfaat dan perlindungan ketenagakerjaan yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Cara Mengecek Nomor BPJS Ketenagakerjaan

cara mengecek nomor bpjs ketenagakerjaan

Untuk mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan. Berikut ini adalah cara-cara sederhana untuk mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan Anda:

Langkah 1: Mengunjungi Situs Resmi BPJS Ketenagakerjaan

situs resmi bpjs ketenagakerjaan

Langkah pertama adalah mengunjungi situs resmi BPJS Ketenagakerjaan. Carilah bagian yang menyediakan layanan pencarian nomor BPJS Ketenagakerjaan. Biasanya, layanan ini dapat ditemukan pada halaman utama situs dengan cara mengklik menu atau tautan yang menyebutkan “Cek Nomor BPJS Ketenagakerjaan” atau sejenisnya.

Langkah 2: Mengisi Data yang Diminta

mengisi data nomor bpjs ketenagakerjaan

Setelah menemukan layanan pencarian nomor BPJS Ketenagakerjaan, langkah berikutnya adalah mengisi data yang diminta. Data yang diminta biasanya berupa NIK (Nomor Induk Kependudukan), tanggal lahir, dan beberapa informasi pribadi lainnya. Pastikan mengisi data dengan benar dan lengkap agar proses pengecekan dapat berjalan lancar.

Langkah 3: Mengklik Tombol Cek

mengecek nomor bpjs ketenagakerjaan

Setelah mengisi data dengan benar, langkah terakhir adalah mengklik tombol “Cek” atau sejenisnya. Pada proses ini, sistem akan melakukan pengecekan dan mencari nomor BPJS Ketenagakerjaan yang sesuai dengan data yang telah dimasukkan. Setelah itu, Anda akan mendapatkan hasil pengecekan yang berisi nomor BPJS Ketenagakerjaan yang dimiliki.

Manfaat Mengetahui Nomor BPJS Ketenagakerjaan

bpjs ketenagakerjaan

Mengetahui nomor BPJS Ketenagakerjaan memiliki manfaat yang penting bagi setiap individu yang terdaftar sebagai peserta. Berikut ini adalah beberapa manfaat mengetahui nomor BPJS Ketenagakerjaan:

1. Mempermudah Proses Klaim Jaminan Ketenagakerjaan

klaim jaminan ketenagakerjaan

Dengan mengetahui nomor BPJS Ketenagakerjaan, seseorang dapat mempermudah proses klaim jaminan ketenagakerjaan. Nomor BPJS Ketenagakerjaan merupakan identitas peserta yang diperlukan saat mengajukan klaim jaminan seperti jaminan kecelakaan kerja atau jaminan kematian. Dengan mengetahui nomor BPJS Ketenagakerjaan, proses klaim dapat dilakukan dengan lebih cepat dan mudah.

2. Memudahkan Akses ke Fasilitas Kesehatan

fasilitas kesehatan bpjs ketenagakerjaan

Nomor BPJS Ketenagakerjaan juga memudahkan akses peserta BPJS Ketenagakerjaan ke fasilitas kesehatan. Dalam beberapa fasilitas kesehatan, seperti rumah sakit atau klinik, peserta BPJS Ketenagakerjaan dapat langsung menggunakan nomor BPJS Ketenagakerjaan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Tanpa nomor BPJS Ketenagakerjaan, peserta mungkin harus melalui proses pendaftaran yang lebih panjang dan merepotkan.

3. Memperoleh Informasi Terkait Ketentuan Program BPJS Ketenagakerjaan

informasi bpjs ketenagakerjaan

Dengan mengetahui nomor BPJS Ketenagakerjaan, peserta dapat memperoleh informasi terkait ketentuan program BPJS Ketenagakerjaan dengan lebih mudah. Informasi mengenai iuran, manfaat, prosedur klaim, dan informasi penting lainnya dapat diperoleh melalui nomor BPJS Ketenagakerjaan. Peserta dapat menghubungi BPJS Ketenagakerjaan dan menyebutkan nomor BPJS Ketenagakerjaan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

4. Memudahkan Verifikasi Identitas

verifikasi identitas bpjs ketenagakerjaan

Nomor BPJS Ketenagakerjaan juga dapat digunakan sebagai verifikasi identitas peserta. Dalam beberapa situasi, seperti saat mengajukan pekerjaan baru atau mengurus administrasi yang membutuhkan identifikasi, nomor BPJS Ketenagakerjaan dapat menjadi salah satu bukti bahwa seseorang telah terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

5. Mempermudah Komunikasi dengan BPJS Ketenagakerjaan

komunikasi bpjs ketenagakerjaan

Mengenal nomor BPJS Ketenagakerjaan juga mempermudah komunikasi antara peserta dengan BPJS Ketenagakerjaan. Jika terdapat pertanyaan, keluhan, atau keperluan lain yang berkaitan dengan program BPJS Ketenagakerjaan, peserta dapat menyebutkan nomor BPJS Ketenagakerjaan saat berkomunikasi dengan pihak BPJS. Hal ini dapat mempercepat proses penanganan dan memberikan kejelasan dalam komunikasi antara kedua belah pihak.

Dengan mengetahui nomor BPJS Ketenagakerjaan, seseorang dapat memperoleh berbagai manfaat dan kemudahan dalam menggunakan fasilitas yang disediakan oleh BPJS Ketenagakerjaan. Jadi, pastikan Anda mengetahui nomor BPJS Ketenagakerjaan Anda dan simpan dengan baik untuk referensi di masa mendatang.

Anda juga bisa mencoba menghapus bau mulut dengan cara menghilangkan bau mulut secara alami dan cepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *