Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Bagaimana Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik

cara membuat surat lamaran kerja

Menentukan format yang sesuai untuk surat lamaran kerja dapat membuatnya terlihat profesional bagi perekrut. Surat lamaran kerja adalah dokumen penting yang akan memberikan kesan pertama kepada perusahaan yang ingin Anda lamar. Dengan menggunakan format yang tepat, Anda dapat menyoroti kualifikasi Anda, pengalaman kerja, dan minat Anda dalam pekerjaan yang sedang diinginkan.

Berikut ini adalah panduan tentang cara membuat surat lamaran kerja yang baik:

1. Informasi Kontak

informasi kontak

Langkah pertama dalam membuat surat lamaran kerja yang baik adalah dengan menyertakan informasi kontak Anda yang jelas di bagian atas surat. Informasi kontak ini mencakup nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan alamat email Anda. Pastikan untuk mencantumkan nomor telepon yang dapat dihubungi dan alamat email yang profesional.

Contoh:

Nama: Budi Santoso

Alamat: Jl. Pahlawan No. 123, Jakarta Selatan

Nomor Telepon: 08123456789

Email: budisantoso@gmail.com

Dengan menyertakan informasi kontak yang jelas, perekrut dapat dengan mudah menghubungi Anda jika mereka tertarik dengan lamaran Anda.

2. Penulisan Tanggal

penulisan tanggal

Setelah menyertakan informasi kontak, selanjutnya tuliskan tanggal pada surat lamaran kerja. Tulislah tanggal secara lengkap, termasuk bulan dan tahun. Letakkan tanggal di bagian atas sebelum menuliskan informasi kontak penerima surat.

Contoh:

Jakarta, 20 Oktober 2021

Dalam tulisan tanggal, pastikan Anda menggunakan format yang umum dan mudah dipahami oleh pembaca. Hal ini akan menunjukkan bahwa Anda mengikuti aturan penulisan yang benar.

3. Informasi Penerima Surat

informasi penerima surat

Setelah tanggal, tuliskan informasi penerima surat lamaran kerja. Informasi ini mencakup nama perusahaan, alamat, dan alamat pengiriman surat yang lengkap.

Contoh:

PT. ABCD

Jl. Merdeka No. 456, Jakarta Pusat

Semakin lengkap dan jelas informasi penerima surat yang Anda cantumkan, semakin mudah bagi perekrut untuk menemukan surat lamaran Anda. Pastikan Anda mencantumkan alamat perusahaan yang benar dan sesuai dengan profil perusahaan yang Anda lamar.

4. Salam Pembuka

salam pembuka

Setelah informasi penerima surat, tuliskan salam pembuka pada surat lamaran kerja. Salam pembuka ini digunakan untuk menghormati penerima surat dan memberikan kesan yang profesional.

Contoh:

Kepada Yth.,

Bapak/Ibu HRD PT. ABCD

Salam pembuka harus disesuaikan dengan jenis kelamin dan jabatan penerima surat. Jika Anda tidak mengetahui jenis kelamin atau nama penerima surat, gunakan salam pembuka yang bersifat netral seperti “Kepada Yth.” atau “Dear Sir/Madam”.

5. Paragraf Pembuka

paragraf pembuka

Setelah salam pembuka, buat paragraf pembuka yang menyatakan tujuan Anda dalam menulis surat lamaran kerja. Paragraf ini harus bisa menarik perhatian perekrut dan menjelaskan mengapa Anda tertarik untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Contoh:

Saya menulis surat lamaran ini dengan tujuan untuk melamar posisi sebagai Marketing Executive di PT. ABCD. Saya sangat tertarik dengan bidang pemasaran dan percaya bahwa PT. ABCD adalah perusahaan yang sesuai dengan minat serta kualifikasi saya.

Dalam paragraf pembuka, berikan penjelasan singkat mengenai diri Anda, minat Anda dalam pekerjaan yang dilamar, dan alasan mengapa Anda tertarik untuk bekerja di perusahaan yang Anda lamar. Pastikan untuk menyebutkan nama perusahaan dengan benar dan menunjukkan pengetahuan Anda tentang perusahaan tersebut.

Dalam mempersiapkan surat lamaran kerja yang baik, ingatlah untuk selalu menjaga keaslian dan orisinalitas tulisan. Hindari menyalin surat lamaran orang lain secara langsung. Anda dapat menggunakan contoh-contoh di atas sebagai panduan, tetapi pastikan untuk menulis dengan gaya dan kata-kata yang sesuai dengan kepribadian dan keinginan Anda sendiri.

Dengan mengikuti format yang tepat dan memberikan informasi yang relevan, Anda dapat membuat surat lamaran kerja yang akan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan panggilan interview. Berikan kesan yang baik melalui bahasa yang sopan dan mengikuti aturan penulisan yang benar.

Terakhir, pastikan untuk selalu melakukan pengecekan tata bahasa dan ejaan sebelum mengirimkan surat lamaran kerja tersebut. Penggunaan bahasa yang baik dan benar akan memberikan kesan profesional dan menunjukkan keahlian komunikasi Anda kepada perekrut.

Dengan semua tips ini, semoga Anda dapat membuat surat lamaran kerja yang baik dan berhasil dalam mencari pekerjaan yang diinginkan. Selamat mencoba!

Pemilihan Kata yang Tepat dalam Surat Lamaran Kerja


contoh surat lamaran kerja

Pemilihan kata yang tepat dalam surat lamaran kerja sangat penting untuk memberikan kesan yang baik kepada perekrut. Dalam menyusun surat lamaran kerja, penting untuk menggunakan kata-kata yang meyakinkan dan menunjukkan kemampuan serta minat kita terhadap posisi yang dilamar. Di bawah ini, kami akan membagikan beberapa tips tentang pemilihan kata yang tepat dalam surat lamaran kerja.

1. Jangan menggunakan kata-kata klise

Ketika menulis surat lamaran kerja, hindari penggunaan kata-kata klise yang sudah terlalu umum dan sering digunakan oleh para pelamar kerja. Contohnya adalah kata-kata seperti “rajin,” “jujur,” atau “berkomitmen.” Meskipun kata-kata tersebut mungkin menggambarkan karakteristik yang baik, mereka tidak memberikan kesan yang kuat kepada perekrut. Sebaliknya, cobalah untuk menggunakan kata-kata yang lebih spesifik dan konkret yang mampu menjelaskan kualitas dan kemampuan yang dimiliki.

2. Gunakan kata-kata yang relevan dengan industri atau perusahaan

contoh surat lamaran kerja

Setiap industri atau perusahaan memiliki kosakata yang khas. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan kata-kata yang relevan dengan industri atau perusahaan yang kita lamar. Misalnya, jika kita melamar pekerjaan di industri teknologi, pergunakan kata-kata terkait teknologi seperti “program,” “aplikasi,” atau “pengembangan.” Dengan menggunakan kata-kata yang relevan, kita dapat menunjukkan pemahaman kita terhadap industri atau perusahaan tersebut.

3. Sampaikan kesan yang positif dan bersemangat

Ketika menulis surat lamaran kerja, penting untuk menyampaikan kesan yang positif dan bersemangat. Gunakan kata-kata yang menunjukkan antusiasme kita terhadap posisi yang dilamar dan minat kita terhadap perusahaan tersebut. Contoh kata-kata yang dapat digunakan adalah “antusias,” “bersemangat,” atau “berdedikasi.” Dengan menunjukkan kesan yang positif, perekrut akan melihat bahwa kita adalah kandidat yang berpotensi untuk sukses di perusahaan mereka.

4. Jaga keseimbangan antara kepercayaan diri dan kesopanan

contoh surat lamaran kerja

Dalam menulis surat lamaran kerja, penting untuk menjaga keseimbangan antara kepercayaan diri dan kesopanan. Gunakan kata-kata yang menunjukkan kepercayaan diri kita terhadap kemampuan dan pengalaman yang dimiliki, namun tetap sampaikan dengan sikap yang sopan dan tidak berlebihan. Hindari penggunaan kata-kata yang terlalu arogan atau menyudutkan pihak lain. Dengan menjaga keseimbangan ini, kita akan terlihat sebagai pelamar yang profesional dan dihormati.

5. Gunakan kosakata yang menonjolkan prestasi dan kontribusi kita

Salah satu tujuan dari surat lamaran kerja adalah untuk menonjolkan prestasi dan kontribusi yang kita dapat berikan kepada perusahaan. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan kata-kata yang menekankan pencapaian kita di posisi sebelumnya dan bagaimana kita dapat memberikan kontribusi yang berarti. Contoh kata-kata yang dapat digunakan adalah “berhasil,” “mencapai target,” “memimpin,” atau “mengembangkan strategi.” Dengan menggunakan kata-kata ini, kita akan terlihat sebagai pelamar yang berpotensi besar dan mampu memberikan dampak positif pada perusahaan.

Pemilihan kata yang tepat dalam surat lamaran kerja dapat memberikan kesan yang baik kepada perekrut. Hindari penggunaan kata-kata klise, gunakan kata-kata yang relevan dengan industri atau perusahaan, sampaikan kesan yang positif dan bersemangat, jaga keseimbangan antara kepercayaan diri dan kesopanan, serta gunakan kosakata yang menonjolkan prestasi dan kontribusi kita. Dengan menerapkan tips ini, kita dapat membuat surat lamaran kerja yang efektif dan meningkatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Penulisan Isi Surat Lamaran Kerja

kriteria surat lamaran kerja

Surat lamaran kerja merupakan dokumen yang penting dalam mencari pekerjaan. Agar surat lamaran kerja Anda dapat menarik perhatian perekrut, sangat penting untuk mengatur struktur dan isi surat dengan jelas dan terorganisir. Dalam bagian ini, akan dijelaskan mengenai cara membuat isi surat lamaran kerja yang baik dan tepat.

tulisan surat lamaran kerja

1. Pembukaan

Bagian pembukaan merupakan salah satu bagian penting dalam surat lamaran kerja. Pada bagian ini, Anda perlu mencantumkan informasi mengenai posisi yang dilamar, perusahaan yang dituju, dan sumber informasi lowongan kerja.

Contoh:

Perihal: Lamaran Pekerjaan

Yth. Bapak/Ibu [Nama Penerima Lamaran]

Bersama surat ini, saya bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan di [Nama Perusahaan] untuk posisi [Nama Posisi]. Saya mengetahui informasi lowongan kerja ini melalui [sumber informasi lowongan].

pengalaman kerja

2. Pengalaman Kerja

Setelah bagian pembukaan, Anda perlu menuliskan mengenai pengalaman kerja yang relevan dengan posisi yang dilamar. Cantumkan perusahaan tempat Anda pernah bekerja, jabatan yang pernah diemban, tanggung jawab, dan pencapaian yang telah diraih dalam posisi tersebut.

Contoh:

Pengalaman Kerja:

– [Nama Perusahaan], [Jabatan], [Tanggal Mulai – Tanggal Berakhir]

Tanggung Jawab:
– Bertanggung jawab atas pengelolaan dan pengawasan operasional toko.
– Membimbing dan melatih staff baru.
– Meningkatkan penjualan dengan strategi pemasaran yang efektif.
– Memastikan pencapaian target penjualan setiap bulan.
– Mengelola keuangan dan pembukuan toko dengan baik.

Kemampuan dan keahlian

3. Kemampuan dan Keahlian

Bagian ini penting untuk menyampaikan kemampuan dan keahlian Anda yang relevan dengan posisi yang dilamar. Hal ini akan memberikan gambaran kepada perekrut mengenai kelebihan yang Anda miliki.

Contoh:

Kemampuan dan Keahlian:

– Menguasai Microsoft Office (Word, Excel, PowerPoint).
– Pemahaman yang baik mengenai analisis data dan interpretasi.
– Memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan mampu bekerja dalam tim.
– Terampil dalam manajemen waktu dan multitasking.
– Mahir dalam bahasa Inggris baik lisan maupun tulisan.
– Bersertifikat dalam kepemimpinan dan manajemen proyek.

Penutup Surat Lamaran Kerja

4. Penutup

Bagian penutup merupakan bagian yang digunakan untuk mengakhiri surat lamaran kerja dengan sopan. Pada bagian ini, Anda dapat menyampaikan harapan Anda untuk dapat diberikan kesempatan wawancara untuk posisi yang dilamar.

Contoh:

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Saya harap dapat diberikan kesempatan untuk mengikuti tahap seleksi selanjutnya. Terima kasih atas perhatian dan kesempatan yang diberikan.

Hormat saya,

[Nama Lengkap]

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat surat lamaran kerja yang baik serta meningkatkan peluang diterima oleh perusahaan. Pastikan untuk memeriksa dan mengedit kembali surat lamaran sebelum mengirimkannya. Semoga sukses dalam mengajukan lamaran pekerjaan!

Penyesuaian Surat Lamaran Kerja dengan Posisi yang Dilamar

penyesuaian surat lamaran kerja dengan posisi yang dilamar

Penyesuaian surat lamaran kerja dengan posisi yang dilamar merupakan langkah penting dalam menciptakan kesan positif bagi perusahaan. Dalam mengajukan lamaran kerja, tidak cukup hanya menyampaikan kemampuan dan pengalaman yang dimiliki, tetapi juga perlu menunjukkan keterkaitan antara kualifikasi diri dengan posisi yang sedang dilamar.

Untuk membuat surat lamaran kerja yang efektif, berikut adalah beberapa tips dalam melakukan penyesuaian dengan posisi yang dilamar:

Membaca dan Memahami Informasi Lowongan Kerja

membaca dan memahami informasi lowongan kerja

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membaca dan memahami informasi lowongan kerja secara teliti. Perhatikan persyaratan yang ditulis oleh perusahaan, misalnya kualifikasi pendidikan, pengalaman kerja, dan keterampilan yang dibutuhkan. Dengan memahami informasi tersebut, kita dapat mengetahui apa yang perusahaan harapkan dari calon karyawan.

Dalam surat lamaran kerja, sebaiknya tuliskan mengapa Anda merasa cocok dengan posisi tersebut dan apa yang membuat Anda tertarik untuk bekerja di perusahaan tersebut. Jelaskan juga mengapa kualifikasi dan pengalaman yang dimiliki dapat mendukung kebutuhan perusahaan.

Menyesuaikan Bahasa dan Gaya Penulisan

menyesuaikan bahasa dan gaya penulisan

Sesuaikan bahasa dan gaya penulisan surat lamaran kerja dengan karakter perusahaan yang Anda lamar. Jika perusahaan memiliki budaya kerja yang santai dan kreatif, gunakan bahasa yang lebih santai dan kreatif. Namun, jika perusahaan memiliki budaya kerja yang lebih formal, gunakan bahasa formal yang sesuai.

Perhatikan juga penulisan kalimat dan paragraf agar terlihat jelas dan terstruktur. Gunakan paragraf-pargraf pendek dan jelas untuk memudahkan pembacaan. Gunakan pula kalimat yang positif dan meyakinkan, serta hindari penggunaan kalimat yang terlalu panjang dan rumit.

Menonjolkan Kemampuan Sesuai dengan Posisi yang Dilamar

menonjolkan kemampuan sesuai dengan posisi yang dilamar

Pada bagian ini, Anda perlu menonjolkan kemampuan yang relevan dengan posisi yang dilamar. Jelaskan secara rinci pengalaman kerja, pencapaian, atau proyek-proyek yang pernah Anda lakukan yang dapat mendukung kebutuhan perusahaan dalam posisi tersebut. Tujuannya adalah untuk meyakinkan perekrut bahwa Anda memiliki kualifikasi dan keahlian yang dibutuhkan.

Selain itu, Anda juga dapat menyertakan keahlian tambahan seperti kursus atau sertifikasi yang Anda miliki yang berhubungan dengan posisi yang dilamar. Hal ini dapat menambah nilai tambah pada lamaran kerja Anda.

Menyebutkan Alasan Mengapa Memilih Perusahaan Tersebut

menyebutkan alasan mengapa memilih perusahaan tersebut

Pada bagian akhir surat lamaran kerja, sebaiknya sebutkan alasan mengapa Anda tertarik untuk bekerja di perusahaan tersebut. Berikan informasi yang spesifik dan nyata mengenai perusahaan, seperti visi dan misi, lingkungan kerja, atau proyek-proyek yang menarik perhatian Anda. Hal ini akan menunjukkan kepada perusahaan bahwa Anda telah melakukan riset dan benar-benar berminat untuk bergabung dengan mereka.

Terakhir, jangan lupa untuk menyampaikan rasa terima kasih atas waktu dan perhatian perusahaan dalam membaca surat lamaran Anda serta menyatakan kesiapan untuk menghadiri tahap seleksi apabila diberikan kesempatan.

Dengan melakukan penyesuaian yang baik antara surat lamaran kerja dengan posisi yang dilamar, diharapkan Anda dapat menarik perhatian perekrut dan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Ingatlah bahwa setiap surat lamaran kerja harus dibuat secara unik dan disesuaikan dengan posisi yang dilamar agar memiliki kesan yang kuat.

Penyampaian Surat Lamaran Kerja yang Efektif

Penyampaian Surat Lamaran Kerja yang Efektif

Penyampaian surat lamaran kerja yang efektif merupakan langkah penting dalam mencari pekerjaan yang diinginkan. Hal ini akan mempengaruhi kesan pertama yang diberikan kepada calon employer. Oleh karena itu, penting bagi pelamar untuk menjaga kejelasan, kesopanan, dan profesionalisme dalam menjelaskan keahlian dan pengalaman diri saat menyampaikan surat lamaran kerja. Berikut adalah beberapa tips untuk menyampaikan surat lamaran kerja yang efektif.

Pilih Bahasa yang Jelas dan Sopan

Pilih Bahasa yang Jelas dan Sopan

Dalam menyusun surat lamaran kerja, pilihlah bahasa yang jelas, sopan, dan mudah dipahami. Hindari menggunakan bahasa yang terlalu formal atau terlalu santai. Pastikan kalimat-kalimat yang Anda gunakan mudah dipahami dan tidak membingungkan penerima surat. Gunakan kalimat yang terstruktur dengan baik dan hindari penggunaan kata-kata slang serta jargon yang mungkin tidak dimengerti oleh employer.

Pesannya adalah, gunakan bahasa yang profesional dan sesuaikan dengan budaya perusahaan yang Anda lamar. Jika Anda tidak yakin, gunakan bahasa yang lebih formal agar tetap terlihat sopan dan teratur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *