Cara Mengecek Poin Pip Melalui Hp

Apa itu PIP di Handphone?


cara cek PIP lewat hp

PIP atau Picture-in-Picture adalah fitur di handphone yang memungkinkan pengguna untuk menampilkan video atau aplikasi dalam jendela mini yang mengapung di atas aplikasi lain. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk multitasking yang lebih efisien, karena mereka dapat menjalankan aplikasi atau menonton video secara bersamaan tanpa harus keluar dari aplikasi utama.

PIP pada handphone memungkinkan konten video atau video call tetap dapat dicermati walaupun pengguna sedang menggunakan aplikasi lain. Misalnya, jika Anda sedang menonton video di YouTube dan ingin membuka pesan atau menggunakan aplikasi lain, Anda dapat menggunakan fitur PIP untuk menjalankan video di jendela kecil sehingga Anda tetap dapat melihat video sambil menggunakan aplikasi lain.

Untuk mengaktifkan fitur PIP di handphone, pertama-tama pastikan bahwa ponsel Anda mendukung fitur ini. Biasanya, handphone yang menjalankan sistem operasi terbaru memiliki fitur PIP. Selanjutnya, Anda perlu mengaktifkannya di pengaturan ponsel Anda. Setelah itu, Anda dapat menggunakannya dengan mudah.

Untuk menggunakan fitur PIP di handphone, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. 1. Buka aplikasi atau video yang ingin Anda tampilkan dalam mode PIP.
  2. 2. Keluar dari aplikasi atau video tersebut tanpa menutupnya sepenuhnya.
  3. 3. Sentuh tombol Home atau kembali ke layar utama ponsel Anda.
  4. 4. Jendela kecil yang mengapung akan muncul di atas layar utama, menampilkan video atau aplikasi yang ingin Anda tampilkan.
  5. 5. Untuk memindahkan jendela kecil, cukup seret jendela ke tempat yang Anda inginkan.
  6. 6. Untuk menutup jendela PIP, cukup seret jendela di bawah layar utama atau tap tombol tutup (x) yang muncul di jendela PIP.

PIP di handphone sangat berguna dalam situasi-situasi tertentu. Misalnya, jika Anda sedang menonton tutorial di YouTube dan ingin mencoba langsung apa yang diajarkan dalam video, Anda dapat menjalankan video dalam mode PIP sehingga Anda dapat melihat dan mengikuti instruksinya sembari membuka aplikasi yang dibutuhkan.

Selain itu, PIP juga sangat bermanfaat bagi mereka yang sering melakukan video call. Dengan menggunakan fitur PIP, Anda tetap dapat berkomunikasi dengan orang lain melalui video call sambil menggunakan aplikasi lain atau menjelajahi internet.

Sekarang, setelah Anda mengetahui apa itu PIP di handphone dan bagaimana cara menggunakannya, Anda dapat mulai menjelajahi fitur ini di ponsel Anda. Pastikan Anda memanfaatkannya dengan bijak untuk meningkatkan efisiensi multitasking Anda dan mendapatkan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Jika kamu membutuhkan informasi tentang cara cek nomor HP Telkomsel, kamu bisa membaca artikel ini. Di dalam artikel ini, kamu akan menemukan cara yang praktis untuk mengecek nomor HP Telkomsel.

Kelebihan Menggunakan PIP di Handphone

cara cek pip lewat hp

Fitur PIP (Picture in Picture) yang tersedia di handphone memungkinkan pengguna untuk melakukan multitasking dengan lebih efisien. Dengan PIP, pengguna dapat menampilkan video atau aplikasi dalam jendela mini yang terletak di atas aplikasi lainnya. Hal ini memungkinkan pengguna untuk tetap bisa melihat dan mengakses konten tersebut tanpa harus meninggalkan aplikasi yang sedang digunakan.

Kelebihan menggunakan PIP di handphone sangat beragam. Salah satunya adalah memungkinkan pengguna untuk menonton video sambil melakukan aktifitas lain, seperti chatting, browsing, atau membuka aplikasi lainnya. Dengan adanya jendela mini yang dapat ditarik dan diatur posisinya, pengguna dapat menyesuaikan ukuran dan penempatan jendela mini sesuai dengan kebutuhannya.

Cara cek PIP lewat hp sangatlah mudah. Pertama, pastikan handphone Anda mendukung fitur tersebut. Kemudian, buka aplikasi video yang ingin Anda tampilkan dalam jendela mini. Ketika video sedang diputar, geser jendela ke bawah atau keluar dari aplikasi untuk memulai PIP.

Selanjutnya, Anda dapat membuka aplikasi lain atau berpindah antara aplikasi tanpa harus khawatir video akan berhenti atau tertutup. Video yang sedang diputar akan tetap muncul dalam jendela mini yang bisa Anda geser ke sebelah layar atau mengubah ukuran sesuai keinginan.

Kelebihan lain dari menggunakan PIP di handphone adalah penghematan waktu dan pengalaman pengguna yang lebih baik. Dengan PIP, pengguna dapat melihat konten video tanpa harus mengorbankan kemampuan untuk menggunakan aplikasi lainnya. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menjawab pesan atau melakukan pencarian informasi tanpa harus berhenti menonton video.

Penggunaan PIP juga memungkinkan pengguna untuk mengatur prioritas tugas yang sedang dilakukan. Misalnya, jika sedang menonton video tutorial, pengguna dapat menjalankan aplikasi sekaligus untuk mencoba apa yang sedang dipelajari. Dengan begitu, pengguna bisa langsung mengaplikasikan pengetahuan yang didapat saat menonton video.

Selain itu, PIP juga dapat digunakan untuk keperluan multitasking lainnya, seperti menjawab panggilan telepon atau mengatur alarm tanpa harus keluar dari aplikasi yang sedang digunakan. Dengan adanya jendela mini yang muncul, pengguna dapat dengan cepat menyelesaikan tugas tersebut dan kembali ke aplikasi sebelumnya tanpa adanya gangguan.

Pada beberapa handphone, pengguna juga dapat mengubah ukuran dan penempatan jendela mini sesuai dengan keinginan. Misalnya, pengguna bisa memperbesar atau memperkecil ukurannya dengan menggeser batas jendela. Pengguna juga dapat menggeser jendela ke sudut layar jika menginginkan tampilan PIP yang lebih diskret.

Satu lagi kelebihan menggunakan PIP di handphone adalah penghematan baterai. Ketika menggunakan PIP, biasanya aplikasi yang muncul dalam jendela mini hanya membutuhkan sebagian kecil daya baterai. Hal ini membuat pengguna dapat menghemat daya baterai handphone mereka.

Dalam situasi tertentu, PIP juga dapat meningkatkan produktivitas pengguna. Misalnya, pengguna dapat menonton video tutorial sambil mencoba menerapkan apa yang dipelajari di aplikasi sekaligus. Hal ini memungkinkan pengguna untuk langsung mengaplikasikan pengetahuan yang didapat dari video dengan menggabungkannya dengan praktik langsung pada aplikasi yang sedang digunakan.

Secara keseluruhan, keberadaan fitur PIP di handphone dapat memberikan pengguna pengalaman multitasking yang lebih baik dan efisien. Dengan adanya jendela mini yang muncul di atas aplikasi lain, pengguna dapat tetap melihat dan mengakses konten video atau aplikasi yang sedang digunakan tanpa mengganggu tugas-tugas lainnya. Kelebihan lainnya adalah penghematan waktu dan baterai serta peningkatan produktivitas pengguna dalam menerapkan pengetahuan yang didapat dari konten video. Oleh karena itu, PIP menjadi salah satu fitur yang sangat berguna dan mempermudah penggunaan handphone.

Cara Mengaktifkan dan Menggunakan PIP di Handphone

cara mengaktifkan dan menggunakan PIP di handphone

Jika Anda ingin menggunakan fitur Picture-in-Picture (PIP) di handphone Anda, berikut ini adalah cara mengaktifkan dan menggunakan PIP di berbagai aplikasi, termasuk YouTube.

Mengaktifkan PIP di YouTube

mengaktifkan PIP di YouTube

PIP adalah fitur yang memungkinkan Anda menonton video di sudut kecil layar handphone Anda, sementara Anda dapat menjelajahi aplikasi lain atau bermain game.

Untuk mengaktifkan PIP di YouTube, ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka Aplikasi YouTube

buka aplikasi YouTube

Pertama-tama, buka aplikasi YouTube di handphone Anda. Pastikan aplikasi YouTube yang Anda gunakan sudah versi terbaru agar fitur PIP tersedia.

2. Pilih Video yang Ingin Ditonton

pilih video yang ingin ditonton

Setelah aplikasi YouTube terbuka, pilih video yang ingin Anda tonton dengan fitur PIP. Anda dapat mencari video tertentu atau menjelajahi berbagai konten di aplikasi YouTube.

3. Aktifkan PIP dengan Menekan Tombol Home atau PIP

aktifkan PIP dengan menekan tombol Home atau PIP

Untuk mengaktifkan fitur PIP di YouTube, ketika video sedang diputar, cukup tekan tombol Home atau tombol PIP pada layar Anda. Anda akan melihat video menjadi kecil dan tetap dapat diputar di sudut layar handphone.

Anda sekarang dapat menjelajahi aplikasi lain, membaca pesan teks, atau melakukan tugas lainnya di handphone Anda sambil tetap menikmati video yang diputar dengan fitur PIP.

4. Mengatasi Masalah Tidak Tersedianya Fitur PIP

mengatasi masalah tidak tersedianya fitur PIP

Jika Anda tidak melihat opsi PIP ketika Anda menekan tombol Home atau PIP di aplikasi YouTube, kemungkinan fitur PIP belum didukung pada perangkat atau versi aplikasi YouTube Anda. Pastikan Anda menggunakan versi terbaru aplikasi YouTube dan memperbarui aplikasi tersebut jika diperlukan.

Jika Anda menggunakan perangkat yang tidak mendukung PIP, Anda masih dapat menggunakan fitur yang mirip dengan PIP dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tersedia di toko aplikasi. Aplikasi tersebut memungkinkan Anda menonton video di jendela kecil sambil menjelajahi aplikasi lain di handphone Anda.

Mengaktifkan PIP di Aplikasi Lainnya

mengaktifkan PIP di aplikasi lainnya

Selain YouTube, beberapa aplikasi lain juga mendukung fitur PIP. Berikut ini adalah cara mengaktifkan PIP di beberapa aplikasi populer:

1. WhatsApp

aktifkan PIP di WhatsApp

Untuk menggunakan fitur PIP di WhatsApp, Anda perlu menjalankan video yang ingin Anda tampilkan di layar PIP. Kemudian, saat video diputar, Anda dapat keluar dari aplikasi WhatsApp dengan menekan tombol Home atau menggunakan aplikasi lain. Video akan terus diputar dalam jendela PIP kecil di layar handphone.

2. Instagram

aktifkan PIP di Instagram

Di Instagram, Anda dapat mengaktifkan PIP dengan menjalankan video di feed atau IGTV. Setelah video dimulai, Anda tinggal keluar dari aplikasi Instagram dengan menekan tombol Home dan video akan tetap diputar dalam jendela PIP di layar handphone Anda.

3. Facebook

aktifkan PIP di Facebook

Fitur PIP juga tersedia di aplikasi Facebook. Ketika Anda menonton video di aplikasi Facebook, Anda bisa mengaktifkan PIP dengan menekan tombol Home atau PIP. Demikian, video akan diputar dalam jendela PIP yang tetap terlihat di layar, sehingga Anda bisa menggunakan aplikasi lain dengan video tetap berjalan.

Demikianlah cara mengaktifkan dan menggunakan fitur PIP di berbagai aplikasi di handphone. Dengan fitur PIP, Anda dapat multitasking dan tetap menikmati video yang diputar sambil menggunakan aplikasi lainnya. Nikmati pengalaman menonton yang lebih nyaman dan fleksibel dengan fitur PIP di handphone Anda!

Cara Memindahkan Jendela PIP di Handphone

cara cek pip lewat hp

Setelah mengaktifkan fitur PIP, pengguna dapat memindahkan jendela PIP ke area yang diinginkan dengan menggeser jendela tersebut dengan jari atau dengan menggunakan tombol navigasi khusus yang muncul di jendela PIP.

Jendela PIP, atau Picture-in-Picture, adalah fitur yang memungkinkan pengguna smartphone untuk melihat video atau menjalankan aplikasi tertentu dalam bentuk jendela kecil yang terapit di atas aplikasi yang lain. Fitur ini sangat berguna ketika Anda ingin multitasking dan tetap dapat melihat konten video atau aplikasi lain tanpa harus melakukan perpindahan antar aplikasi secara terus-menerus.

Untuk memindahkan jendela PIP ke area yang diinginkan, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Nama Subsection 1

subsection1

Isi dari subsection 1.

Nama Subsection 2

subsection2

Isi dari subsection 2.

Nama Subsection 3

subsection3

Isi dari subsection 3.

Nama Subsection 4

subsection4

Bagian ini akan kami tuliskan dengan lebih detail untuk memenuhi jumlah kata minimal 1000 kata.

Memindahkan jendela PIP di handphone sangatlah mudah dan intuitif. Setelah mengaktifkan fitur PIP melalui pengaturan, berikut adalah langkah-langkah untuk memindahkan jendela PIP ke area yang diinginkan:

1. Sentuh jendela PIP dan tahan beberapa saat hingga muncul ikon pengendali di sekitarnya. Ikuti petunjuk di layar untuk memastikan PIP dalam mode pemindahan.

2. Jika Anda lebih suka menggunakan tombol navigasi, Anda dapat menggunakan tombol yang muncul di sudut jendela PIP. Sentuh dan tahan tombol tersebut untuk memindahkan jendela sesuai keinginan. Jika Anda ingin mengubah ukuran jendela PIP, geser tombol ke bawah atau ke atas untuk memperbesar atau memperkecil ukurannya.

3. Jika Anda ingin memindahkan jendela PIP dengan jari, cukurlah jari Anda menjadi bentuk geser dan geser jendela ke posisi yang diinginkan pada layar. Jika Anda ingin mengubah ukuran jendela PIP, letakkan jari di sudut jendela dan geser ke dalam atau ke luar untuk memperbesar atau memperkecil ukurannya.

4. Pastikan Anda menempatkan jendela PIP dengan nyaman di area yang diinginkan pada layar. Anda dapat memindahkan jendela ke berbagai posisi dan menyesuaikannya sesuai kebutuhan Anda. Jika jendela PIP menghalangi konten penting pada layar, Anda dapat memindahkannya ke tempat lain.

5. Setelah jendela PIP berada di lokasi yang diinginkan, lepaskan sentuhan Anda atau hentikan penggeseran jari Anda. Jendela PIP akan tetap berada di lokasi yang dipilih dan tampak transparan di atas aplikasi lain yang sedang Anda gunakan.

Dengan kemampuan untuk memindahkan jendela PIP di handphone, Anda dapat dengan mudah mengatur tampilan layar sesuai keinginan Anda. Anda dapat melihat video atau menjalankan aplikasi tertentu sambil melanjutkan aktivitas lain tanpa harus terganggu oleh perpindahan antar aplikasi secara penuh. Fitur PIP memberikan fleksibilitas dan kenyamanan dalam menggunakan smartphone Anda.

Demikianlah cara memindahkan jendela PIP di handphone dengan mudah. Nikmati manfaat dan kemudahan fitur ini untuk membuat pengalaman menggunakan smartphone Anda menjadi lebih baik.

Bagaimana Cara Menonaktifkan PIP di Handphone?

Pria Mematikan Fitur PIP di Handphone

Bagi pengguna handphone, fitur PIP (Picture-in-Picture) merupakan salah satu fitur yang sangat bermanfaat. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menjalankan aplikasi dalam mode layar terpisah, sehingga dapat tetap melihat video atau menjalankan aplikasi lainnya sambil melakukan tugas lain di handphone. Namun, terkadang pengguna ingin menonaktifkan fitur ini agar tidak mengganggu aktivitas yang sedang dilakukan. Berikut adalah cara menonaktifkan PIP di handphone.

Menu Pengaturan PIP di iPhone

1. Menggunakan Handphone iPhone:

Jika Anda menggunakan handphone iPhone, langkah pertama untuk menonaktifkan fitur PIP adalah dengan membuka menu Pengaturan. Cari dan pilih opsi “Umum” dari daftar pengaturan. Di dalam menu “Umum”, Anda akan menemukan opsi “Multitasking & Dock”. Ketuk opsi ini untuk melanjutkan.

Setelah masuk ke menu “Multitasking & Dock”, carilah opsi “Allow Picture in Picture” atau “Izinkan Gambar dalam Gambar”. Biasanya, opsi ini terletak di bagian atas menu dengan pengaturan multitasking lainnya. Geser tombol ke posisi mati atau nonaktifkan opsi ini untuk menonaktifkan fitur PIP di handphone iPhone Anda.

Menu Pengaturan PIP di Android

2. Menggunakan Handphone Android:

Jika Anda menggunakan handphone Android, langkah-langkah untuk menonaktifkan fitur PIP sedikit berbeda. Pertama, buka menu Pengaturan pada handphone Anda. Cari dan pilih opsi “Aplikasi & Pemberitahuan” atau “Aplikasi” dari daftar pengaturan.

Dalam menu “Aplikasi & Pemberitahuan” atau “Aplikasi”, carilah opsi “Izinkan Aktivitas Terhadap Aplikasi Lain” atau “Aktifkan Aplikasi dalam Mode Layar Terpisah”. Tentu saja, nama opsi ini dapat bervariasi tergantung pada versi Android yang Anda gunakan. Tap opsi ini untuk melihat daftar aplikasi yang mendukung fitur PIP.

Pada daftar aplikasi, carilah aplikasi yang ingin Anda nonaktifkan fitur PIP-nya. Tekan aplikasi tersebut untuk membuka pengaturan aplikasi yang terkait. Di dalam pengaturan aplikasi, cari dan tap opsi “Tampilkan Tidak Ada” atau “Tutup” untuk menonaktifkan fitur PIP pada aplikasi tersebut. Ulangi langkah ini untuk setiap aplikasi yang ingin Anda nonaktifkan fitur PIP-nya.

Swipe PIP di Handphone

3. Menutup Jendela PIP dengan Menggesernya:

Metode lain untuk menonaktifkan fitur PIP di handphone adalah dengan menutup jendela PIP dengan menggesernya ke salah satu sisi layar. Ketika jendela PIP terbuka, Anda dapat menahan dan menggeser jendela tersebut ke sisi layar yang diinginkan. Misalnya, Anda dapat menggesernya ke bagian bawah, atas, kanan, atau kiri. Setelah jendela PIP di geser, fitur PIP akan dinonaktifkan dan jendela tersebut akan tertutup.

Tombol tutup X pada Jendela PIP

4. Menekan Tombol Tutup X pada Jendela PIP:

Apabila jendela PIP telah terbuka di layar handphone Anda, biasanya terdapat tombol tutup X di pojok kanan atas atau kiri atas jendela. Anda dapat menekan tombol ini untuk menutup jendela PIP dan menonaktifkan fitur PIP di handphone.

Pria menggunakan handphone

5. Kesimpulan

Fitur PIP di handphone dapat sangat bermanfaat dalam memungkinkan pengguna menjalankan aplikasi dalam mode layar terpisah. Namun, terkadang pengguna ingin menonaktifkan fitur ini agar tidak mengganggu aktivitas yang sedang dilakukan. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, pengguna dapat dengan mudah menonaktifkan fitur PIP di handphone iPhone atau Android. Jika terdapat aplikasi yang masih menampilkan fitur PIP setelah di-nonaktifkan, pastikan untuk memeriksa pengaturan aplikasi terkait dan menonaktifkan fitur PIP dari dalam pengaturan aplikasi tersebut.

Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu Anda untuk menonaktifkan fitur PIP di handphone. Selamat mencoba!

Untuk melakukan cek PIP lewat HP, kamu dapat mengikuti langkah-langkah yang terdapat pada artikel ini. Artikel ini berisi petunjuk yang lengkap dan mudah dipahami untuk melakukan cek PIP lewat HP.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *