Cara Membuat Lamaran Kerja

Pendahuluan


cara buat lamaran kerja

Pendahuluan mengenai pentingnya membekali diri dengan keterampilan menulis CV dan surat lamaran kerja.

Mencari pekerjaan merupakan hal yang biasa dilakukan setiap individu yang telah memasuki dunia kerja. Salah satu langkah awal yang perlu dilakukan para pencari kerja adalah mengirimkan CV dan surat lamaran kerja. CV dan surat lamaran kerja menjadi salah satu dokumen yang penting dalam menarik perhatian perusahaan yang dituju. Oleh karena itu, penting bagi setiap pencari kerja untuk bisa membuat lamaran kerja yang menarik dan profesional.

Menulis CV dan surat lamaran kerja bukanlah hal yang mudah bagi sebagian orang. Salah memilih kata-kata atau format penulisan yang tidak sesuai dapat membuat CV atau surat lamaran kerja menjadi kurang menarik. Oleh karena itu, pemahaman dan keterampilan menulis CV dan surat lamaran kerja sangatlah penting.

Pada artikel ini, kami akan memberikan panduan cara membuat lamaran kerja yang baik dan benar. Dalam panduan ini, Anda akan menemukan tips dan contoh-contoh yang dapat membantu Anda dalam menulis CV dan surat lamaran kerja yang efektif. Mari kita mulai pembahasan mengenai cara membuat lamaran kerja yang baik dan benar!

Untuk membuat lamaran kerja yang baik, anda bisa mengikuti beberapa tips dan trik. Salah satunya adalah memperhatikan cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar. Dalam surat lamaran kerja, pastikan anda menjelaskan dengan jelas dan singkat tentang diri anda, pengalaman kerja yang dimiliki, serta kemampuan dan keahlian yang relevan dengan posisi yang anda lamar.

Menulis CV

Menulis CV

Menulis CV atau Curriculum Vitae adalah langkah awal yang penting dalam mencari pekerjaan. Dalam proses rekrutmen, CV menjadi salah satu dokumen yang paling diperhatikan oleh calon majikan. Maka dari itu, penting untuk menulis CV dengan baik dan menarik agar bisa memikat perusahaan yang dituju. Berikut ini adalah beberapa tips dan langkah-langkah dalam menulis CV yang baik:

1. Mengutamakan Informasi Pribadi

Informasi pribadi merupakan informasi dasar yang harus ada dalam CV Anda. Pastikan untuk mencantumkan nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan alamat email yang aktif. Anda juga dapat menambahkan foto diri dengan tampilan profesional. Namun, pastikan foto yang digunakan lebih serius dan bukan hanya sekadar selfie.

2. Menyusun Ringkasan Pribadi

menulis ringkasan pribadi

Setelah menuliskan informasi pribadi, langkah selanjutnya adalah menyusun ringkasan pribadi atau yang biasa disebut dengan personal statement. Ringkasan pribadi ini sangat penting, karena akan memberikan gambaran singkat kepada perusahaan mengenai diri Anda dan mengapa Anda cocok untuk posisi yang tersedia. Ringkasan pribadi sebaiknya ditulis dalam satu atau dua paragraf pendek yang menggambarkan latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, dan keahlian yang relevan.

3. Memaparkan Pendidikan dan Kualifikasi

menulis pendidikan kualifikasi

Bagian ini merupakan tempat untuk menggambarkan riwayat pendidikan Anda. Tuliskan nama institusi, gelar yang diperoleh, tahun kelulusan, dan prestasi akademik yang relevan. Jika Anda memiliki pengalaman belajar di luar negeri atau mengikuti kursus-kursus yang berkaitan, jangan lupakan untuk mencantumkannya juga.

4. Menyoroti Pengalaman Kerja

menulis pengalaman kerja

Pengalaman kerja adalah salah satu faktor penting yang akan dijadikan pertimbangan oleh perusahaan. Tuliskan pengalaman kerja Anda secara terbalik, dimulai dari pengalaman terakhir yang paling relevan dengan posisi yang dilamar. Cantumkan nama perusahaan, posisi yang diemban, tanggal mulai dan berakhirnya pekerjaan, serta tanggung jawab dan pencapaian yang telah Anda capai.

5. Mencantumkan Keahlian

menulis keahlian

Berikan penekanan pada keahlian yang Anda miliki. Keahlian bisa mencakup bahasa asing, keahlian komputer, keahlian dalam bidang tertentu, dan sebagainya. Jika Anda memiliki sertifikat atau penghargaan yang relevan, jangan lupakan untuk mencantumkannya juga.

6. Menghindari Kesalahan Penulisan dan Format

Saat menulis CV, pastikan untuk menghindari salah ketik atau kesalahan penulisan lainnya. Periksa penulisan nama perusahaan, jabatan, tanggal, dan informasi lainnya dengan seksama. Selain itu, pastikan juga format CV Anda rapi, terstruktur, dan mudah dibaca. Penggunaan pemformatan seperti huruf tebal, tanda penghubung, dan bullet point akan membantu membuat CV Anda lebih mudah dipahami.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda diharapkan dapat menulis CV yang baik dan menarik bagi perusahaan yang dituju. Jangan lupa untuk menyesuaikan CV Anda dengan posisi yang dilamar serta mengirimkan CV dalam format yang diminta oleh perusahaan. Semoga Anda berhasil dalam mencari pekerjaan yang diinginkan!

Menulis Surat Lamaran Kerja


menulis surat lamaran kerja

Menulis surat lamaran kerja merupakan langkah awal yang penting dalam mencari pekerjaan. Surat lamaran kerja bertujuan untuk mempresentasikan diri Anda kepada perusahaan yang Anda lamar. Dalam surat lamaran kerja, Anda harus menyampaikan keahlian, pengalaman, dan motivasi Anda secara jelas dan tepat. Berikut ini adalah panduan langkah demi langkah dalam menulis surat lamaran kerja yang efektif.

Mengenal Jenis Surat Lamaran Kerja

jenis surat lamaran kerja

Sebelum mulai menulis surat lamaran kerja, penting untuk memahami jenis-jenis surat lamaran yang umum digunakan. Ada tiga jenis surat lamaran kerja yang sering digunakan, yaitu surat lamaran secara langsung, melalui pos, dan melalui email.

Surat lamaran secara langsung merupakan surat yang disampaikan secara langsung kepada perusahaan yang dituju. Biasanya surat ini digunakan jika Anda mengirimkan lamaran ke perusahaan yang tidak terlalu jauh dari tempat tinggal Anda. Surat lamaran melalui pos merupakan surat yang dikirimkan melalui jasa pengiriman surat. Sedangkan surat lamaran melalui email merupakan surat yang dikirimkan melalui email dengan melampirkan dokumen-dokumen pendukung.

Langkah-langkah Menulis Surat Lamaran Kerja

langkah-langkah menulis surat lamaran kerja

Berikut adalah langkah-langkah dalam menulis surat lamaran kerja yang efektif:

1. Penyusunan Format Surat

format surat

Untuk surat lamaran kerja, Anda perlu mengikuti format yang umum digunakan. Format surat lamaran kerja terdiri dari bagian kepala surat, tanggal, perihal, salam pembuka, isi surat, salam penutup, dan tanda tangan. Pastikan Anda menulis surat lamaran dengan rapi dan terstruktur.

2. Perkenalkan Diri Anda

perkenalkan diri

Dalam bagian awal surat lamaran, perkenalkan diri secara singkat. Tuliskan nama Anda, tempat, dan tanggal lahir, serta alamat lengkap. Jangan lupa juga untuk menyebutkan posisi yang Anda lamar dan sumber informasi lowongan pekerjaan tersebut.

3. Sampaikan Keahlian dan Pengalaman

keahlian

Selanjutnya, sampaikan keahlian dan pengalaman yang Anda miliki yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. Jelaskan secara detail keahlian dan pengalaman tersebut, misalnya keahlian dalam menggunakan perangkat lunak tertentu atau pengalaman bekerja di industri yang sama.

Untuk menulis surat lamaran kerja yang baik, cantumkan juga prestasi-prestasi yang pernah Anda raih yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. Misalnya, jika Anda pernah mendapatkan penghargaan atau sertifikat dalam bidang yang sama, sebutkan untuk memberikan kesan yang positif kepada pihak perusahaan.

4. Kemukakan Motivasi Anda

motivasi

Selain keahlian dan pengalaman, penting juga untuk menyampaikan motivasi Anda dalam melamar posisi tersebut. Jelaskan mengapa Anda tertarik dengan perusahaan dan posisi yang Anda lamar. Tunjukkan pengetahuan Anda tentang perusahaan tersebut dan bagaimana Anda dapat memberikan kontribusi yang bernilai.

Tuliskan juga tujuan jangka panjang Anda dan bagaimana posisi yang Anda lamar dapat membantu Anda mencapai tujuan tersebut. Tampilkan motivasi Anda dengan percaya diri dan penuh semangat.

5. Penutup dan Tanda Tangan

penutup surat

Sebelum menutup surat lamaran kerja, berikan penutup yang sopan dan profesional. Sampaikan apresiasi Anda atas waktu dan perhatian yang diberikan pihak perusahaan terhadap surat lamaran Anda. Jangan lupa untuk menyertakan tanda tangan di akhir surat sebagai tanda bahwa surat tersebut benar-benar dari Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menulis surat lamaran kerja yang efektif. Pastikan juga untuk memeriksa kembali tata bahasa, ejaan, serta kesalahan penulisan sebelum mengirimkan surat lamaran tersebut. Semoga panduan ini dapat membantu Anda dalam menulis surat lamaran kerja yang sukses. Selamat mencoba!

Memilih Format yang Tepat

Memilih Format yang Tepat

Bagian ini akan membahas berbagai jenis format surat lamaran kerja yang sesuai dengan kandidat dan posisi yang dilamar. Pemilihan format yang tepat sangat penting untuk memberikan kesan yang baik kepada perekrut. Berikut ini beberapa jenis format surat lamaran kerja yang bisa kamu pertimbangkan:

1. Format Tertulis

Format tertulis merupakan format surat lamaran kerja tradisional yang umum digunakan oleh banyak pelamar. Surat lamaran kerja dalam format ini umumnya ditulis dengan tangan atau menggunakan mesin ketik. Pada format ini, kamu dapat menulis poin-poin penting mengenai pengalaman kerja, pendidikan, dan keahlian yang relevan dengan posisi yang dilamar.

Format Tertulis

Format tertulis memiliki kelebihan dalam memberikan kesan formal dan profesional kepada perekrut. Namun, pastikan tulisanmu rapi dan mudah dibaca agar surat lamaran kerjamu lebih menarik perhatian.

2. Format Elektronik

Dalam era digital seperti sekarang, banyak perusahaan yang menerima lamaran kerja melalui email atau situs web resmi perusahaan. Format surat lamaran kerja elektronik ini umumnya berbentuk file PDF atau dokumen teks yang dikirim melalui email.

Format Elektronik

Keuntungan menggunakan format elektronik adalah kemudahan dan kecepatan dalam pengirimannya. Selain itu, kamu juga dapat melampirkan portofolio atau curriculum vitae (CV) yang lebih rinci dalam format elektronik. Pastikan file yang kamu kirimkan terstruktur dengan baik dan mudah diakses oleh penerima.

3. Format Desain Kreatif

Format desain kreatif digunakan untuk menarik perhatian perekrut dengan tampilan yang lebih menarik dan unik. Surat lamaran kerja dalam format ini umumnya dirancang menggunakan program desain grafis, seperti Adobe Illustrator atau Canva.

Format Desain Kreatif

Kelebihan menggunakan format desain kreatif adalah kesan visual yang lebih menarik dan berbeda dari surat lamaran kerja pada umumnya. Namun, pastikan desainnya tetap profesional dan tidak terlalu berlebihan agar fokus tetap pada isi konten lamaran kerjamu.

4. Format Video

Format video menjadi semakin populer dalam menyampaikan lamaran kerja. Dalam format ini, kamu dapat merekam video pendek yang berisi pengenalan diri, pengalaman kerja, dan alasan mengapa kamu cocok untuk posisi yang dilamar.

Format Video

Dalam format video, penting untuk memperhatikan pencahayaan, suara yang jelas, dan ekspresi wajah yang ramah. Pastikan juga latar belakang dan penampilanmu rapi agar memberikan kesan yang baik kepada perekrut.

Dengan memilih format yang sesuai dengan kandidat dan posisi yang dilamar, surat lamaran kerjamu akan terlihat lebih profesional dan meningkatkan peluangmu untuk dipanggil dalam proses seleksi. Pilihlah format yang kamu rasa paling tepat dan sesuai dengan kepribadian serta keahlianmu. Selamat mencoba!

Review dan Penyempurnaan

Review dan Penyempurnaan

Setelah kita mengetahui cara membuat lamaran kerja yang baik dan menarik, tahapan berikutnya yang tak kalah penting adalah melakukan review dan penyempurnaan pada lamaran kerja tersebut sebelum mengirimkannya. Melakukan tahap ini dapat membantu memastikan bahwa lamaran kerja kita menggunakan bahasa yang tepat, berisi informasi yang relevan, dan terlihat profesional.

Review dan penyempurnaan adalah proses penting dalam cara membuat lamaran kerja yang sukses. Dengan melakukan tahap ini, kita dapat menghindari kesalahan penulisan dan memberikan kesan yang lebih baik kepada perekrut. Berikut adalah beberapa tips dalam melakukan review dan penyempurnaan lamaran kerja:

1. Periksa Taksiran Waktu Pengerjaan

Pertama-tama, pastikan bahwa kita telah memberi diri kita waktu yang cukup untuk melakukan review dan penyempurnaan pada lamaran kerja. Tidak ada gunanya terburu-buru dalam mengirimkan lamaran kerja tanpa melihat kembali isinya. Berikan diri kita minimal sehari untuk melakukannya.

2. Baca dengan Teliti

Saat melakukan review lamaran kerja, bacalah dengan teliti setiap kata dan kalimat yang kita tulis. Perhatikan tata bahasa, ejaan, serta tanda baca yang digunakan. Pastikan lamaran kerja kita tidak mengandung kesalahan penulisan yang dapat merusak kesan profesional.

3. Tinjau Kembali Struktur dan Format

Setelah memperhatikan kata per kata, tinjau pula struktur dan format lamaran kerja kita. Pastikan isi lamaran kerja itu sendiri terstruktur dengan baik dan mudah dibaca. Periksalah apakah kita sudah menggunakan paragraf yang terorganisir, menggunakan subjudul dan poin-poin bullet untuk memudahkan pembaca dalam menemukan informasi yang relevan. Jika mungkin, gunakan juga format atau template lamaran kerja yang profesional.

4. Cek Kembali Kebenaran Informasi

Lakukan pemeriksaan ulang terhadap semua informasi yang kita berikan dalam lamaran kerja. Pastikan semua data yang kita sampaikan, seperti pengalaman kerja, riwayat pendidikan, dan kualifikasi lainnya, adalah akurat dan terkini. Jika ada kesalahan atau hal yang perlu ditambahkan, segera perbaiki dan pastikan informasi yang kita berikan tidak menyesatkan perekrut.

5. Ajak Orang Lain untuk Membaca

Ketika kita sudah merasa yakin dengan lamaran kerja kita setelah melalui review dan penyempurnaan pribadi, tidak ada salahnya meminta bantuan orang lain untuk membacanya. Orang lain dapat memberikan sudut pandang baru dalam melihat lamaran kerja kita dan memberikan masukan yang berharga. Mereka juga dapat membantu mendeteksi kesalahan atau kekurangan dalam lamaran kerja yang mungkin kita tidak sadari.

Setelah semua tahapan review dan penyempurnaan dilakukan, lamaran kerja kita siap untuk dikirimkan. Namun, pastikan untuk membaca kembali lamaran kerja sebelum mengirimkannya untuk memastikan bahwa tidak ada kesalahan yang terlewat. Dengan melakukan review dan penyempurnaan yang baik, kita dapat meningkatkan kesempatan kita untuk mendapatkan peluang kerja yang diinginkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *